Header Ads Widget

Responsive Advertisement
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI LELAMAN KAMI

Percaya Diri dengan Blog Pribadi

Resume 1 

(Pelatihan 14 Desember 2020)

Narasumber : Dedi Dwitagama

Moderator: Aam Nurhasanah




BLOG adalah catatan harian yang diunggah ke internet dalam platform website yg bisa dibaca orang sedunia. Isi blog yg kita buat bebas, tergantung minat dan ide pemiliknya.

Dalam mengelola blog, terkadang kita mengalami kendala teknis. Kendala teknis tersebut bisa dikarenakan penyedia layanan sedang 'maintenance'. Jika ini terjadi kita sebaiknya menunggu hingga proses berakhir. Namun terkadang dikarenakan hal lain. Solusinya kita bisa 'googling' ke blog orang lain atau YouTube yang menyajikan petunjuk atau arahan untuk menyelesaikan hal tersebut. Kita ikuti saja arahan itu agar kendala dapat segera teratasi.

Untuk memaksimalkan kinerja dari blog kita, maka kita menulis  terus. Lama-lama. kita akan tahu tulisan seperti apa dari blog kita yg disukai pengnjung atau pembaca.

Salah satu manfaat dari penggunaan blog adalah dapat menjadikan penyampaian materi pelajaran lebih menarik. Terlebih di masa Pandemi Covid-19 yang menerapkan model Pembelajaran Jarak Jauh. Dalam hal ini langkah yang perlu dilakukan adalah dengan menjadikan blog lebih interaktif. Seperti dialog atau percakapan. Kemudian dilanjut dengan tayangan video. Setelah tayangan video, bagikan link untuk latihan soal dan daftar hadir.
 
Untuk mengetahui keterlibatan atau keaktifan siswa melalui blog dengan cara melihat respon siswa pada google form. Baik dalam mengirim jawaban dari pertanyaan maupun dalam mengisi daftar hadir.

Adakalanya konten atau isi blog kita 'dikopas' oleh orang lain atau pembaca blog kita. Untuk ini jika kita kurang berkenan karena tulisan kita merupakan sesuatu yang bersifat ilmiah, maka kita bisa mengingatkan kepada pembaca untuk mencantumkan blog kita pada tulisan mereka. Namun jika mengizinkan pembaca untuk 'mengkopas' tulisan pada blog kita. Sesungguhnya ini merupakan suatu kesempatan untuk berbagi dengan orang lain. Ini tentunya bagi masing-masing penulis blog dapat berbeda, mengingat tulisan yang diposting di blog juga beragam.

Sebagaimana YouTube, blog juga bisa dikomersilkan. Untuk ini tentunya melalui proses yang membutuhkan ketelatenan. Misalnya dengan menempatkan iklan di blog kita. Jika kita ingin menempatkan iklan berbayar di blog kita, maka kita perlu menggarapnya dengan baik. Namun terlebih kita harus mendaftar di Adsense terlebih dahulu. Setelah kita memiliki akun Adsense maka dari pihak Google akan memeriksa kelayakan blog kita. 

Namun sebagian pemilik blog kurang menyukai tampilnya iklan di blog. Dengan alasan tampilan iklan mungkin akan mengganggu pembaca dalam memahami tulisan pada blog. 

Sebagian yang lain membuat blog atau website dengan tujuan untuk membangun Personal Branding. Dalam hal ini melalui    media blog atau website, seseorang atau organisasi lebih dikenal oleh khalayak. Sehingga tidak heran jika pada akhirnya pemilik blog atau website menjadi lebih populer. Bahkan dari kepopulerannya dapat mengantarkan penulis atau pemilik blog/website keliling Indonesia bahkan dunia untuk memenuhi panggilan pembaca mengisi seminar maupun pelatihan.

Sebagian blog ada yang ramai dikunjungi pembaca. Namun tak jarang pula yang nyaris tidak ada yang membacanya. Hal ini tentunya perlu disiasati. Agar blog kita banyak dikunjungi orang, kita harus sering 'memosting' tulisan. Tulisan apa saja. Semakin sering kita 'memosting', maka akan semakin banyak yang mengunjungi blog kita.

Salah satu cara yang lain agar blog kita  ramai dikunjungi banyak pembaca adalah dengan banyak membaca blog orang lain. Kemudian memberikan komentar kepada tulisan pada blog yang kita kunjungi. Dengan demikian blog kita akan dikenal dan blog kita dikunjungi  oleh banyak orang.

Dalam mengelola blog perlu keberlangsungan secara terus menerus. Untuk itu perlu kiat-kiat agar Istiqomah dalam mengelola blog. Salah satu caranya adalah dengan menyisihkan waktu 30 menit setiap hari untuk memosting tulisan di blog. Atau menulis seminggu sekali. Misalnya menggunakan waktu di hari Jumat untuk memosting tulisan di blog. Jika sedang bersemangat dan muncul ide, kita bisa menulis cukup banyak dan memostingnya seminggu sekali.

Blog yang menarik adalah blog yang berisi sesuatu yang kita kuasai dan bermanfaat untuk banyak orang. Semakin sering kita memosting tulisan,  maka tulisan kita akan semakin menarik. Jadi untuk menghasilkan tulisan yang menarik, kata kuncinya adalah jam terbang.

Dalam dunia tulis menulis perlu adanya rasa percaya diri penulis. Baik menulis di medsos, menulis di blog maupun menulis buku. Namun rasa percaya diri akan muncul jika kita rutin menulis. Untuk itu penting sekali kita mengatur jadwal menulis agar dapat menulis secara rutin. Jika memungkinkan menulis setiap hari. Jika tidak sempat, setidaknya minimal menulis seminggu sekali, atau sebulan sekali. 

Sebagian blog memiliki tampilan menarik. Namun tak jarang pula yang tampilannya kurang menarik atau cenderung membosankan. Untuk mendapatkan tampilan yang menarik pada blog kita, tentunya kita harus berani. Tidak boleh takut untuk mengutak-atik tampilan blog kita pada menu setelan. Lakukan hal itu tanpa ragu sampai mendapatkan tampilan yang menarik, sehingga pengunjung akan merasa betah.


--------------------

Blog, bisa jadi media untuk menaikan level percaya diri seseorang, bisa juga menjadi pundi" penghasilan, dan menjadi benefit "diperjalankan" nikmati keindahan negeri plus menginap di hotel secara gratis.

Blog juga bisa jadi cara kita meninggalkan jejak .. seperti gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan blog ... karena kalau cuma nama, banyak sekali yang punya nama sama, kalau isi blog tak akan pernah sama.

Blog yg paling dahsyat bisa jadi tempat mencatat perjalanan hidup kita yang sebentar di dunia sebelum pulang, dan ketika karya kita bermanfaat buat org lain maka pahalanya akan terus mengalir kepada kita ... blog berbayar sorga!
(Dedi Dwitagama)

















Posting Komentar

0 Komentar